UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA DENGAN MEDIA GLOBE PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUSIATI , NIM. 12485218 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA DENGAN MEDIA GLOBE PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA DENGAN MEDIA GLOBE PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA DENGAN MEDIA GLOBE PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (430kB)

Abstract

SUSIATI. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia dengan Media Globe Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Kenalan Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014. Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran IPS yang dilaksanakan Kelas V MI Ma’arif Kenalan Borobudur kurang efektif. Agar prestasi belajar siswa yang optimal, guru mengupayakan metode mengajar yang dapat melibatkan siswa secara aktif, sebab siswa sebagai subjek didik yang melaksanakan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media globe pada mata pelajaran IPS Materi Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah: 1) Penerapan media globe dalam pembelajaran IPS di kelas V MI Ma’arif Kenalan yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dan perbaikan hasil belajar IPS. Hasil maksimal yang dapat dicapai siswa pada siklus I adalah 85, dan terendah adalah 60. 2) Peningkatan pemahaman dan hasil belajar IPS dengan media globe cukup signifikan, terlihat dari perhatian siswa terhadap penjelasan guru, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, bekerjasama di dalam kelompok, bertanya kepada guru atau teman jika mengalami kesulitan tentang materi, menjawab pertanyaan, mendengarkan presentasi atau penjelasan dari teman. Terlihat pula peningkatan dimana nilai yang diperoleh diatas KKM semuanya. Dimana pada siklus II terjadi peningkatan hingga 23%, dan peningkatan terjadi secara terus menerus dan konsisten. Dengan demikian terbukti bahwa media globe dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi pembagian wilayah waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran IPS, media globe, penelitian tindakan kelas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Oct 2014 01:47
Last Modified: 01 Mar 2017 03:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item