PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO SME'SCO KOPONTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA

EDY PURWANTO - NIM. 00390578, (2008) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO SME'SCO KOPONTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pemasaran merupakan suatu proses penyampaian barang dan atau jasa yang ditawarkan, sesuai dengan tingkah laku atau keinginan manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, sehingga pemasaran merupakan faktor penting dalam proses pemenuhan kepuasan konsumen. Penyusun memilih Toko Sme'sco Kopontren al-Munawwir sebagai obyek penelitian karena penulis melihat Toko Sme'sco Kopontren al-Munawwir sebaga perusahaan yang mampu bertahan dan berkembang. Toko tersebut sangat potensial dalam mengembangkan usahanya, di mana lokasinya yang sangat dekat dengan pondok pesantren dan kos-kosan mahasiswa, sehingga pennyusun menilai Toko Sme'sco Kopontren al-Munawwir mempunyai keistimewaan. Hal inilah yang menjadi alasan penyusun tertarik untuk meneliti kondisi tersebut apakah dalam kualitas pelayanannya sudah dianggap memuaskan para konsumen. Teori Zeithaml, Berry, dan Parasuraman akan digunakan dalam menganalisa kepuasan konsumen Toko Sme's Co KOPONTREN al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, dengan mengidentifikasikan kualitas jasa pada lima dimensi pokok, yaitu: bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan Empati. Dengan batasan lima dimensi pokok tersebut, yang kemudian dijadikan sebagai variabel independen dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field ressearch), yakni pengamatan langsung ke obyek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Penulis memilih Toko Sme's Co KOPONTREN al-Munawwir Krapyak sebagai obyek penelitiannya. Model angket digunakan untuk mendapatkan data primer yang mendukung penelitian ini. Penyusun menyebarkan angket kepada para konsumen Toko Sme's Co al-Munawwir. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk menjelaskan pengaruh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty secara parsial terhadap pelayanan Toko Sme's Co KOPONTREN al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, serta kedua, untuk menjelaskan pengaruh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty secara simultan terhadap kepuasan konsumen Toko Sme's Co al-Munawwir Yogyakarta,. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa: pertama, secara parsial variabel tangibles, reliability, responsiveness, dan assurance berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen KOPONTREN al-Munawwir Krapyak, hanya variabel empathy yang tidak signifikan trhadap kepuasan konsumen, dan kedua, secara simultan seluruh variabel kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,566 atau 56,6%, selebihnya sebesar 43,4% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing I : /b H. SYAFIQ MAHMADAH H. S.Ag, M.Ag. ; b Pembimbing II : /b JOKO SETYONO, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, Konsumen
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item