PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINIDI RA USWATUN HASANAH TRENTEN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

TIWIK WAHYUNINGSIH, NIM. 12485224 (2014) PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINIDI RA USWATUN HASANAH TRENTEN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINIDI RA USWATUN HASANAH TRENTEN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINIDI RA USWATUN HASANAH TRENTEN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (117kB)

Abstract

TIWIK WAHYUNINGSIH. “Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini di RA Uswatun Hasanah Trenten Candimulyo Kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Permasalahan yang terjadi di RA Uswatun Hasanah Trenten Candimulyo adalah kurangnya kemampuan membaca pada anak usia dini yang disebabkan belum sesuainya media dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian yang pertama adalah mendeskripsikan penggunaan kartu kata bergambar dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Yang kedua mengetahui kemampuan membaca anak usia dini sebelum dan setelah menggunakan kartu kata bergambar. Yang ketiga membuktikan apakah kemampuan membaca anak usia dini di RA uswatun Hasanah Candimulyo meningkat setelah menggunakan kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: dokumentasi yang diambil sebelum dan sesudah siklus, aktifitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran pada siklus, hasil wawancara dengan peserta didik dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membacakata pada anak usia dini di RA Uswatun Hasanah Trenten Candimulyo Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan Kartu Kata Bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini di RA Uswatun Hasanah Trenten Candimulyo berhasil baik.Berdasarkan data yang diperoleh kenaikan kemampuan membaca dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dari pra siklus, Siklus I, dan siklus II naik sebesar 33,33%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hasilnya menurun sebesar 9,09%, kriteria Mulai Berkembang (MB) menurun sebesar 18,18% dan kriteria Belum Berkembang (BB) menurun sebesar 6,06%. Atau dapat diartikan adanya peningkatan kemampuan membaca dari pra siklus kriteri Belum Berkembang (BB) atau Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) menjadi Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kartu Kata bergambar, Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Oct 2014 02:01
Last Modified: 04 Apr 2017 03:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item