UPAYA MENINGKATAN KREATIFITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL LEARNING KELOMPOK B ROUDHOTUL ATHFAL MUSLIMAT NU TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG, JAWA TENGAH (TAHUN AJARAN 2013/2014)

TRI ARDANINGSIH , NIM. 12485225 (2014) UPAYA MENINGKATAN KREATIFITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL LEARNING KELOMPOK B ROUDHOTUL ATHFAL MUSLIMAT NU TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG, JAWA TENGAH (TAHUN AJARAN 2013/2014). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATAN KREATIFITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL LEARNING KELOMPOK B ROUDHOTUL ATHFAL MUSLIMAT NU TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG, JAWA TENGAH (TAHUN AJARAN 2013/2014) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATAN KREATIFITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL LEARNING KELOMPOK B ROUDHOTUL ATHFAL MUSLIMAT NU TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG, JAWA TENGAH (TAHUN AJARAN 2013/2014) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

TRI ARDANINGSIH. Upaya Meningkatan Kreatifitas Menggambar Melalui Metode Kontekstual Learning Kelompok B Roudlatul Athfal Muslimat NU Tegalrandu Srumbung Magelang Jawa Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Proram Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Kegiatan menggambar bagi peserta didik di RA Muslimat NU Tegalrandu merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Namun hasil menggambar peserta didik masih perlu untuk ditingkatkan. Mayoritas siswa masih membutuhkan bimbingan dalam menggambar, melakukan pemilihan warna serta melakukan inovasi ketika menggambar. Kerapian menggambar dan kebersihan kertas gambar juga menjadi hal yang perlu diperbaiki. Menggambar adalah bentuk kreatifitas dan perlu ditingkatkan. Melalui penilitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kontekstual learning peneliti akan melakukan perbaikan terhadap kualitas menggambar dari peserta didik. Perbaikan yang dilakukan meliputi bentuk menggambar, pemilihan warna, kerapian mewarnai, kebersihan dan inovasi dalam menggambar. Hal tersebut terangkum dalam upaya peningkatan kreatifitas menggambar peserta didik. Dari pelaksanaan pra siklus, siklus I dan siklus II penelikti menjadikan lingkungan sebagai referensi utama dalam menggambar. Hal ini sesuai dengan konsep kontekstual learning dimana lingkungan memiliki faktor penunjang yang signifikan untuk upaya peningkatan kreatifitas. Secara keseluruhan setiap peserta didik mengalami kenaikan point dan nilai dalam observasi yang dilakukan. Peneliti mengukur kenaikan tersebut dengan form evaluasi dimana form tersebut menunjukan 13 unsur kreatifitas dalam menggambar. Peningkatan yang diperoleh melalui pelaksanaan PTK dengan metode kontekstual learning dalam observasi adalah sebagai berikut: para pelaksanaan pra siklus tidak ada peserta didik yang mendapat nilai A. Sebanyak 7 peserta didik mendapat nilai C dan 16 lainya mendapat nilai B. Pada siklus I, 3 peserta didik mendapat nilai C, 20 peserta didik mendapat nilai B dan belum ada peserta didik yang mendapatkan nilai A. Pada siklus II tidak ada peserta didik yang mendapatkan nilai C, sebanyak 13 peserta didik mendapatkan nilai B dan 10 peserta didik lainya mendapatkan nilai A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kreaticitas, Menggambar, Konstektual Learning
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Oct 2014 02:55
Last Modified: 28 Feb 2017 06:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

View Item View Item