Dirasah tahliliyyah taqabuliyyah an al damiri fi al lughah al indonesiyah wa al injlijiyyah wa al 'arabiyyah wa tadminiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyyah

ACHMAD ARIF NURHIDAYAT, NIM. 10420100 (2014) Dirasah tahliliyyah taqabuliyyah an al damiri fi al lughah al indonesiyah wa al injlijiyyah wa al 'arabiyyah wa tadminiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyyah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Dirasah tahliliyyah taqabuliyyah an al damiri fi al lughah al indonesiyah wa al injlijiyyah wa al 'arabiyyah wa tadminiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyyah)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43MB) | Preview
[img] Text (Dirasah tahliliyyah taqabuliyyah an al damiri fi al lughah al indonesiyah wa al injlijiyyah wa al 'arabiyyah wa tadminiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyyah)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

ACHMAD ARIF NURHIDAYAT. Studi Analisis Kontrastif tentang Kata Ganti dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan kata ganti dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris, memprediksikan kemungkinan kesulitan yang akan ditemui oleh pelajar yang ditimbulkan karena perbedaan struktur ketiga bahasa tersebut, serta memberikan atau menawarkan solusi alternatif untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang akan muncul disebabkan karena adanya perbedaan struktur ketiga bahasa tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, tepatnya adalah studi literatur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yakni pengumpulan data yang berkaitan dengan tema dari bukubuku dan sumber literatur lainnya. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif dari sisi analisis data dan metode deskriptif dengan pola pikir induktif dan deduktif dari sisi penyajiannya. Analisis Kontrastif (contrastive analisys) yakni sebuah pendekatan pengajaran bahasa kepada pelajar yang bilingual. Pendekatan Anakon yang dijalankan secara disiplin dan saksama sesuai dengan medium, gaya, ragam, dan konteks akan dapat mencegah terjadinya interferensi. Dengan adanya analisis tersebut, diharapkan pengajar ataupun pembelajar bahasa dapat lebih mudah dalam mengajar dan belajar bahasa dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan bahasa yang dipelajari. Penelitian ini mengkaji masalah gramatika yang memfokuskan pada kajian kata ganti, baik kata ganti dalam bahasa Indonesia (Pronomina), dalam bahasa Arab ) الضمير ( maupun bahasa Inggris (Pronoun). Latar belakang yang mendasari kajian mengenai kata ganti dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan dalam memahami gramatika kata ganti, baik kata ganti bahasa Indonesia, bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Adapun tujuan khusus penyusunan skripsi ini, untuk mengkaji persamaan dan perbedaan kata ganti ketiga bahasa tersebut serta memaparkan implikasi dari penelitian ini terhadap pengajaran bahasa, khususnya bahasa Arab. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan antara kata ganti dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris yang telah dianalisis pada bagian pembahasan. Persamaan tersebut akan mempermudah siswa yang memiliki dasar bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, dalam mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Sebaliknya, perbedaan tersebut akan menimbulkan interferensi bahasa yang akan mempersulit proses pembelajaran bahasa Arab. Untuk memberikan hasil yang maksimal dalam pengajaran kata ganti tersebut hendaknya digunakan metode operasional dual-language method dan grammar-translation method, dalam proses pembelajarannya. Kata Kunci: Analisis Kontrastif, Kata Ganti, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Implikasi, Pengajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. Asrori Sa'ud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrastif, Kata Ganti, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Implikasi, Pengajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Oct 2014 00:43
Last Modified: 04 May 2017 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item