PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU SALAM 3, SALAM, SALAM, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

TRI ENDAH BUDIYATI, NIM. 12485226 (2014) PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU SALAM 3, SALAM, SALAM, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU SALAM 3, SALAM, SALAM, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU SALAM 3, SALAM, SALAM, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)

Abstract

Tri Endah Budiyati. Penggunaan Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok B RA Muslimat NU Salam 3 Salam, Salam, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran kemampuan membaca permulaan peserta didik diajak untuk berlatih membaca dengan menggunakan kartu kata bergambar dengan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasihkkan. Tujuan dari penelitian ini adalh untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata bergambar di RA Muslimat NU Salam 3, Salam, Salam, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti prosedur Kemmis S, MC Tanggart R yang mencakup kegiatan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelompok B RA Muslimat NU Salam 3, Salam, Salam, Magelang. Pengambilan data dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab, analisis data penelitian dengan menggunakan prosentase pencapaian target. Sedang untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) belajar peserta didik meningkat setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan kartu kata bergambar. Pada siklus I pencapaian target mencapai 68,42 % dan pada siklus II sebesar 94,73% dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,31 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan membaca permulaan, media kartu kata bergambar, pembelajaran kemampuan bahasa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:29
Last Modified: 28 Feb 2017 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14057

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum