UPAYA MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU KEMIREN SRUMBUNG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ULFAH ARIFAH KHASANAH , NIM. 12485229 (2014) UPAYA MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU KEMIREN SRUMBUNG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU KEMIREN SRUMBUNG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU KEMIREN SRUMBUNG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ULFAH ARIFAH KHASANAH. (12485229), Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Dengan Metode Bermain Peran Pada Kelompok B di RA Muslimat NU Kemiren, Kemiren, Srumbung, Magelang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya rasa percaya diri peserta didik pada Kelompok B dalam mengikuti pembelajaran di RA Muslimat NU Kemiren, Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, karena dampak dari erupsi Merapi tahun 2010 yang lalu. Peserta didik di kelompok B banyak yang merasa malu dan kurang percaya diri karena sampai semester II ini, masih ada peserta didik yang ditunggui oleh orang tuanya. Hal ini terlihat dari beberapa peserta didik yang diberi kegiatan oleh guru mereka hanya diam dan menganggukkan kepalanya saja. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan Metode Bermain Peran untuk menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik Kelompok B di RA Muslimat NU Kemiren, Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Kemiren, Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan di setiap siklusnya terdapat tahapan-tahapan kegiatan yang mencakup: (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan , (3). Observasi, (4). Refleksi . Hasil penelitian menunjukkan : Metode Bermain Peran dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik Kelompok B di RA Muslimat NU Kemiren, Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Hal tersebut terbukti bahwa ada peningkatan rasa percaya diri pada peserta didik pada tiap siklusnya. Besarnya peningkatan rasa percaya diri rata-rata adalah sebagai berikut : pada prasiklus, tingkat percaya diri sebesar 39,96 % atau sebanyak 9 peserta didik. Pada siklus I, rasa percaya diri peserta didik meningkat sebesar 60.84 % atau sebanyak 14 peserta didik. Dan terakhir siklus II, rasa percaya diri meningkat menjadi 98.16 % atau sebanyak 21 peserta didik pada pasca tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Percaya Diri, Bermain Peran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:37
Last Modified: 28 Feb 2017 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum