UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELA JAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO

UMAR , NIM. 12485250 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELA JAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELA JAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELA JAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)

Abstract

UMAR, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Numberred Head Together (NHT) Siswa Kelas II madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen : Jurusan Pendidikan dan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas II MIM Krendetan Kecamatan Magelen. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru, rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode yang kurang menarik. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas dianggap sama. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan peneliti, dengan subjek penelitiannta adalah siswa kelas II MIM Krendetan Kecamatan Bagelen yang berjumlah 17siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase pada pra tindakan sebesar 30 %, siklus I sebesar 71 % dan pada siklus II sebesar 100 %. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 53,8 , siklus I sebesar 68,5 , sedangkan siklus II sebesar 77,5. dengan demikian, setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:45
Last Modified: 28 Feb 2017 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum