UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ASRORI, NIM. 13485303 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (828kB)

Abstract

Asrori, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Siswa salah satu faktor yang sangat penting karena tanpa siswa kegiatan pengajaran tidak mungkin terlaksana. Setiap anak mempunyai tingkat kecerdasan dan kemampuan yang berbeda-beda maka harus memperhatikan perbedaan individu. Suatu proses belajar mengajar kurang berhasil bukan berarti kebodohan anak, bisa juga disebabkan rendahnya kualaitas pengajaran guru. Jika dianalisis secara seksama, maka sesungguhnya permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran IPS terjadi karena adanya beberapa faktor, yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPS, dan dikhawatirkan hal ini dapat menghambat perkembangan siswa dalam belajar, hasil belajar IPS siswa kelas V, nilainya masih banyak di bawah KKM dan guru masih menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPS di kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul sebelum menggunakan metode Mind Mapping dan mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul setelah menggunakan metode Mind Mapping. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan melalui empet tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran dengan permainan Mind Mapping dapat mengaktifkan siswa dengan bekerja sama dalam kelompok-kelompoknya sehingga suasana kelas menjadi lebih kondusif dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator yaitu menciptakan suasana belajar yang kondusif, dengan belajar secara aktif. Hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten pada pelajaran IPS sebelum menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping masih rendah yaitu 50,10. Hal ini dikarenakan siswa kurang senang dengan pelajaran IPS, selain banyak materi yang membutuhkan pemahaman dan hafalan yang dalam, pelajaran IPS juga dirasa siswa sangat menjenuhkan. Hal tersebut berujung pada sikap siswa yang sulit dikondisikan. Hasil belajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten setelah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut tampak dari nilai rata-rata pretest sebelum pembelajaran yaitu 50,10 dan pada siklus I meningkat menjadi 61,10. Dan pada post test siklus II, rata-rata hasil belajar meningkat lagi menjadi 70,50. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini mencerminkan peningkatan hasil belajar masing-masing siswa sebelum pelaksanaan tindakan dan sesudah tindakan. Jika dilihat dari presentase ketuntasan sebelum tindakan sebesar 17% meningkat menjadi 50% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Asrori Sa’ud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : IPS, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Mind Mapping
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Oct 2014 03:59
Last Modified: 31 Jan 2017 06:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item