UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH PEPE NGAWEN KLATEN

DUROH TUNISAK NURHAYATI, NIM. 13485301 (2014) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH PEPE NGAWEN KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH PEPE NGAWEN KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH PEPE NGAWEN KLATEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (159kB)

Abstract

Duroh Tunisak Nurhayati, Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Pepe Ngawen Klaten. Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik dan sosial, untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari bila hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar anak didik di MI Muhammadiyah Pepe Ngawen Klaten belum melibatkatkan siswa, dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh terhadap pemahaman anak didik dan prestasi belajar anak didik untuk mengatasi hal tersebut perlu dilaksanakan metode demonstrasi yang menuntut anak didik untuk aktif berani mengemukakan pendapat dan mencoba. Permasalahan ini dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman tentang nilai tempat pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Pepe Ngawen Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelirtian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, obsevasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi partisipasi anak didik yang diperoleh dari hasil pengisian angket yang diberikan setiap anak didik prestasi belajar anak didik dapat diperoleh dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses belajar diambil dari lembar observasi, hasil wawancara, siswa dan guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah terlaksananya metode demonstrasi sehingga pemahaman anak didik kelas II MI Muhammadiyah Pepe Ngawen Klaten akan meningkat diatas KKM yakni 65 mencapai 90 % dari jumlah siswa 20 yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 10 perempuan. Dan juga prestasi belajar matematika anak didik kelas II MI Muhammadiyah Pepe Ngawen Klaten .pun akan meningkat. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode demonstrasi dilakukan dengan penomoran pengajuan masalah, diskusi kelompok, guru menyebutkan nomor pemberian kesimpulan dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persetasenya 75% dengan rata – rata 65,5 sedangkan pada siklus yang ke II menunjukkan persentase 90 % dengan rata – rata 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs Asrori Sa’ud M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Demonstrasi, prestasi belajar anak didik, dan Matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Oct 2014 07:08
Last Modified: 14 Feb 2017 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item