UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS III MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DI MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

EMMY WAHYUNINGSIH, NIM. 13485252 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS III MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DI MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS III MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DI MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS III MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DI MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Emmy Wahyuningsih, Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Index Card Match Pada Pembelajaran PKn Kelas III di MIN Semanu Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014. Latar belakang masalah ini adalah bahwa dalam Pembelajaran PKn, siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan berbicara sendiri dengan teman. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru dalam mengajar masih didominasi oleh kegiatan belajar mengajar guru, sehingga siswa masih berperan sebagai obyek, bentuk interaksi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa masih pasif. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode Index Card Match pada pembelajaran PKn Kelas III di MIN Semanu Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga siswa mampu menguasai konsep materi yang disampaikan dan prestasi belajar siswa menjadi meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MIN Semanu Gunungkidul. Untuk memperoleh data dalam penelitian tersebut penulis mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, pengambilan dokumentasi, dan juga melakukan analisis data sederhana. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : 1) bahwa penerapan metode pembelajaran PKn situasi belajar siswa lebih menyenangkan, efektif, peka dan responsif sehingga siswa lebih memahami konsep materi yang disampaikan oleh guru, 2) adanya peningkatan motivasi belajar siswa, 3) adanya peningkatan prestasi belajar PKn yaitu meningkatnya prestasi belajar siswa di atas KKM 75 yang mencapai 92,31% dari jumlah peserta didik kelas III MIN Semanu. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar PKn pada peserta didik kelas III di MIN Semanu mengalami peningkatan melalui pengamatan. Dari kondisi awal sebesar 32% dengan rata – rata kelas 60,26. Pada siklus I sebesar 52% naik menjadi 71%, pada siklus ke II sehingga dapat dikategorikan baik. Rata – rata kelas pada siklus I diperoleh rata – rata kelas 73,30 dengan peserta didik yang sudah tuntas belajar sebanyak 57,69 % sedangkan pada siklus II naik menjadi 84,30 dengan prosentase sebesar 92,31%. Prosentase Gain Standarisasi menunjukkan bahwa siswa yang berada pada kriteria rendah sebanyak 0%, sedang sebanyak 50% dan tinggi 50% sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar menyelesaikan soal PKn pada materi pentingnya memiliki harga diri berada pada kriteria sedang dengan gain standarisasi sebesar 0,63.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj Asnafiyah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi, prestasi belajar, metode index card match.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Oct 2014 07:10
Last Modified: 31 Jan 2017 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item