TAHLIL RIWAYAH "AL RAJUL ALLADHI AMAN" LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH BUNYAWIYYAH SARDIYYAH A.J GREIMAS)

AHMAD SAMSUL MUNIR, NIM. 10110045 (2014) TAHLIL RIWAYAH "AL RAJUL ALLADHI AMAN" LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH BUNYAWIYYAH SARDIYYAH A.J GREIMAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL RIWAYAH "AL RAJUL ALLADHI AMAN" LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH BUNYAWIYYAH SARDIYYAH A.J GREIMAS))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img] Text (TAHLIL RIWAYAH "AL RAJUL ALLADHI AMAN" LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH BUNYAWIYYAH SARDIYYAH A.J GREIMAS))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Najib Kailani adalah salah satu sastrawan arab yang ikut andil dalam mewarnai dunia sastra. Hasil karyanya sudah banyak yang ikut dalam meramaikan pasar karya sastra baik berupa novel, drama dan puisi. Salah satu novel karyanya adalah novel yang berjudul “ar rojulu alladzi aamana”. Disini penulis menganalisis novel tersebut dengan menggunakan teori strukturalisme naratologi A.J Greimas. Penilitian ini mengacu pada permasalahan yang meliputi : 1.apa saja struktur aktansial dan model fungsional yang terdapat pada novel “ar rojulu alladzi aamana” karya najib kailani tersebut?, 2.Bagaimana hubungan antara struktur aktan dan model fungsional yang membangun cerita dalam novel tersebut?. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research), yang mengambil dan mengumpulkan datanya dari literatur yang ada kaitanya dengan tema penelitian yang sudah tentu mengacu pada sumber primer, yaitu novel itu sendiri dan tidak terlepas pada sumber sekunder lainnya. Dalam novel “ar rojulu alladzi aamana” karya Najib Kailani secara keseluruhan memiliki 18 aktan yang membangun cerita novel tersebut. Dari 18 aktan itu, terdapat 14 aktan utama dan 4 aktan pendukung. Iryan sebagai tokoh utama dalam novel tersebut sudah berpindah keyakinan, yang tadinya dia bergama kristen dari keturunan keluarganya, dan hingga pada akhirnya dia menjadi seorang muslim. Awalnya masuk islam karena cinta kepada seorang penari timur bernama samsi, namun pada akhirnya dia memeluk ajaran islam benar-benar dari dalam hatinya setelah mempelajari ajaran-ajaran islam yang telah diajarkan syekh kepadanya. Jika novel tersebut digambarkan dengan skema aktan dalam susnan kalimat menjadi, aktan subjeknya adalah Iryan. Aktan objeknya adalah beragama islam atau menjadi seorang muslim. Aktan pengirimnya adalah cinta. Aktan penerimanya adalah Iryan. Aktan pembantunya adalah Ali, Syekh Idul Husaini, murid-murid syekh, Samsi dan polisi. Sedangkan yang menjadi aktan penentang adalah Benetu, Sofia, Saqar, orang tua Iryan, dan teman-teman satu grup musiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: AL RAJUL ALLADHI AMAN
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2014 01:01
Last Modified: 10 Jul 2015 03:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item