UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN DASAR SAMPAI DENGAN 10 x 10 DENGAN METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS II MI SIROJUDDIN BANYUWANGI BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

INDRI YUNIARTI , NIM. 12485147 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN DASAR SAMPAI DENGAN 10 x 10 DENGAN METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS II MI SIROJUDDIN BANYUWANGI BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN DASAR SAMPAI DENGAN 10 x 10 DENGAN METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS II MI SIROJUDDIN BANYUWANGI BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN DASAR SAMPAI DENGAN 10 x 10 DENGAN METODE TEAM QUIZ SISWA KELAS II MI SIROJUDDIN BANYUWANGI BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Indri Yuniarti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Perkalian Dasar Sampai Dengan 10 x 10 Dengan Metode Team Quiz Siswa Kelas II MI Sirojuddin Banyuwangi Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10 masih dengan perbandingan 38,7 telah mampu sementara 61,3 % belum mampu menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran aktif dan interaktif, salah satunya adalah dengan menerapkan metode team quiz. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana efektifitas metode team quiz dalam meningkatkan kemampuan menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10 siswa kelas II MI Sirojuddin Banyuwangi Bandongan Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014? Dan (2) Apakah kemampuan menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10 siswa kelas II MI Sirojuddin Banyuwangi Bandongan Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan dengan metode team quiz. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tindakan yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini meliputi aktivitas kegiatan siswa dan aktivitas kegiatan guru dalam pembelajaran, serta hasil observasi kemampuan menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10 siswa dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi kemampuan menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) meningkatnya kemampuan menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10 dengan target ketuntasan minimal yang diharapkan adalah 80 % siswa atau lebih mampu menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jawaban benar subjek sebelum menerapkan metode team quiz adalah 38,7%, sedangkan jumlah jawaban salah adalah 61,3 %. Setelah menerapkan metode team quiz, pada siklus I diperoleh rata-rata jawaban benar adalah 60% sedangkan jawaban salah 40 %. Setelah tindakan siklus II, rata-rata jawaban benar subjek mencapai 80%, sementara jawaban salah adalah 20% saja. Dengan demikian metode team quiz terbukti efektif diterapkan dan dapat meningkatkan kemampuan menghafal perkalian dasar sampai dengan 10 x 10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Menghafal, Perkalian Dasar Sampai Dengan 10 x 10, Metode Team Quiz.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 01:31
Last Modified: 16 Feb 2017 03:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item