UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS DENGAN METODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI YAPPI NOLOGATEN NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2014

SUYANTO , NIM. 12485093 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS DENGAN METODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI YAPPI NOLOGATEN NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS DENGAN METODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI YAPPI NOLOGATEN NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS DENGAN METODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI YAPPI NOLOGATEN NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al Quran Hadits Dengan Metode Jigsaw Learning Pada Siswa Kelas IV MI YAPPI Nologaten Ngawen Gunungkidul Tahun 2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Selama ini proses pembelajaran Al Quran Hadits di kelas IV MI YAPPI Nologaten belum mengoptimalkan keaktifan belajar siswa dalam praktek pembelajarannya, hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran masih mengandalkan guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran. Keadaan ini yang mengakibatkan siswa lebih cenderung pasif sebagai pendengar saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran Al Quran Hadits di MI YAPPI Nologaten Ngawen Gunungkidul. Selain itu penelitian ini juga diharapkan bisa mengetahui keberhasilan penerapan metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Al Quran Hadits di MI YAPPI Nologaten Ngawen Gunungkidul. Penelitian ini mempergunakan Classroom Action Research atau yang lazim disebut Penelitian Tindakan Kelas. Classroom Action Research adalah suatu kegiatan penelitian yang mempunyai tujuan untuk memperbaiki kekurangan atau melengkapi pemebelajaran yang telah dilaksanakan di dalam kelas Setelah mengadakan tindakan dalam dua siklus maka dapat diketahui bahwa penerapan metode Jigsaw Learning dalam pembelajaran Al Quran Hadits di kelas IV MI YAPPI Nologaten Jurangjero Ngawen Gunungkidul menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar meskipun pada siklus I belum menunjukkan hasil yang diharapkan (42,22% menjadi 54,81%), tetapi setelah mengadakan perbaikan pada siklus selanjutnya yaitu siklus II, maka dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan aktifitas atau sikap siswa yaitu lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ditandai dengan meningkatnya prosentase keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran,dari tingkat sedang (54,81%) meningkat menjadi tinggi(80,74%). Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya dalam pembelajaran Al-Quran Hadits di kelas IV MI YAPPI Nologaten Jurangjero Ngawen Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr.Istiningsih,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keaktifan, Jigsaw Learning
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Oct 2014 01:41
Last Modified: 01 Mar 2017 03:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item