UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS II MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

ISTIQOMAH SRI RAHAYU , NIM. 13485251 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS II MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS II MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS II MI YAPPI BALEHARJO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (739kB)

Abstract

Istiqomah Sri Rahayu, ”Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Permainan Untuk Siswa kelas II MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2013 / 2014”. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas II di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul pada tahun pelajaran 2013/2014 ini, dinilai kurang menarik minat belajar siswa khususnya pada materi pembagian. Menurut pengamatan penulis, penyebab hal tersebut salah satunya karena minimnya alat peraga yang digunakan oleh guru. Sedangkan alat peraga berperan penting, karena hal tersebut dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mendiskripsikan penggunaan alat peraga permainan ular tangga dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pembagian dalam pembelajaran matematika untuk kelas II MI YAPPI Baleharjo tahun pelajaran 2013/ 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tindakan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tes . Sedangkan untuk pengolahan datanya dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembagian pada pelajaran matematika untuk siswa kelas II di MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Peningkatan motivasi peserta didik dalam pembelajaran dapat dilihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran yang tergambar dari nilai observasi untuk motivasi siswa mulai dari 5,83 pada pra tindakan, 8,17 pada siklus I ,dan 11,5 pada siklus II. Penggunaan alat peraga ini juga dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pembelajaran matematika untuk materi pembagian adalah 43,33, setelah tindakan siklus pertama naik menjadi 58,33 dengan pencapian KKM 66,67 % dan pada siklus ke dua nilai rata-rata 78,33 dengan pencapaian KKM 83 %. Dari kedua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi siswa yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi, Prestasi, Pembelajaran Matematika dan Permainan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 01:36
Last Modified: 31 Jan 2017 03:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item