UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH SIDOREJO TAHUN 2013/2014

KARYATI, NIM. 12485152 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH SIDOREJO TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH SIDOREJO TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH SIDOREJO TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (670kB)

Abstract

Karyati, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Dengan Permainan Flash Card Pada Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh bebarapa faktor, yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat, secara terus-menerus hanya menerapkan metode ceramah serta kurang pemanfaatan media pembelajaran secara optimal sehingga siswa menjadi bosan, yang memberikan efek kurang tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal. Kondisi tersebut diketahui pada pelaksanaan pra tindakan tanggal 5 Maret 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan permainan flash card minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas I MI Muhammadiyah Sidorejo dapat ditingkatkan?. Untuk meneliti masalah tersebut digunakan jenis penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, dengan tahapan setiap tindakan terdiri dari 4, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data-data yang diperoleh, pada tahap pra tindakan minat belajar bahasa Indonesia siswa masih rendah, dengan hasil observasi aktivitas siswa, dari 15 subjek hanya 4 subjek saja atau 26,67 % yang berhasil meraih skor rata-rata C (Cukup) dan 11 subjek lainnya atau 73,33 % masih mendapat skor K (Kurang). Kemudian pada tindakian siklus I hasil tersebut dapat ditingkatkan menjadi 2 atau 13,33 % berhasil meraih kriteria B (Baik), 7 atau 46,67 % meraih kriteria C (Cukup) dan masih terdapat 6 atau 40 % dengan kriteria K (Kurang). Selanjutnya dengan tindakan pada siklus II, subjek dengan kriteria K (Kurang) dapat ditekan menjadi 2 atau 13,33 %, sementara subjek dengan kriteria C (Cukup) ada 8 atau 53,34 %, dan subjek yang telah berhasil meraih kriteria B (Baik) meningkat menjadi 5 atau 33,33 %. Dengan hasil tersebut berarti bahwa dengan flash card, minat belajar bahasa Indonesia siswa dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Belajar Bahasa Indonesia, Permainan, Flash Card
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 01:44
Last Modified: 17 Feb 2017 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item