UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II MI MA’ARIF NGIPIK LENDAH KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA

MUH. ARIFUDIN, NIM. 13485237 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II MI MA’ARIF NGIPIK LENDAH KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II MI MA’ARIF NGIPIK LENDAH KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II MI MA’ARIF NGIPIK LENDAH KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

Muh. Arifudin, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah Siswa Kelas II MI Ma’arif Ngipik Lendah Kulon Progo Menggunakan Metode Jarimatika”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran Matematika, siswa harus melibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Ma’arif Ngipik Lendah dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah Metode Jarimatika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan perkalian sebelum menggunakan metode Jarimatika di MI Ma’arif Ngipik Lendah , (2) bagaimana proses pembelajaran matematika dengan metode Jarimatika di MI Ma’arif Ngipik Lendah (3) seberapa besar peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan perkalian setelah menggunakan metode Jarimatika di MI Ma’arif Ngipik Lendah, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas siswa yang di ambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatkan prestasi siswa di atas KKM 65 yang mencapai 75% dari jumlah siswa kelas II MI Ma’arif Ngipik Lendah. Hasil pembelajaran dengan metode Jarimatika dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu penjelasan jarimatika, diskusi kelompok, praktek jarimatika individu, dan pemberian penguatan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 70 dan presentase ketuntasan belajar 50 %. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 82,5. Dan presentase ketuntasan belajar sebesar 75 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Pembelajaran Matematika, Metode Jarimatika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:11
Last Modified: 21 Feb 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum