UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

MUSFIROH , NIM. 12485171 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)

Abstract

Musfiroh, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Permulaan Dengan Metode Bermain Jungkat Jungkit Sambil Belajar Pada Kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan Tahun Ajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membilang permulaan 1 – 10 siswa kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014 akibat kurang tepatnya penerapan metode dan media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah penggunaan metode bermain jungkat-jungkit sambil belajar membilang permulaan (mengurutkan angka 1 – 10) pada kelompok A1 pada Ra Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014? Dan 2) Apakah dengan menerapkan permainan jungkat-jungkit sambil belajar dapat meningkatkan kemampuan membilang permulaan (mengurutkan angka 1 – 10) pada kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu keadaan yang sengaja dimunculkan secara bersama-sama di dalam kelas untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas. Dari data pra tindakan, dari 20 subjek yang diteliti, hanya 3 (15 %) subjek saja yang telah mampu mencapai skor B, dan 6 subjek (30 %) dengan skor C, sedangkan skor K masih terdapat 11 subjek (55 %). Setelah tindakan siklus I dengan menerapkan bermain jungkat-jungkit, terjadi peningkatan dengan 4 subjek (25 %) telah mencapai skor B dan 9 subjek (45 %) dengan skor C. Sementara skor K turun menjadi 7 (35 %). Kemudian setelah dilanjutkan dengan tindakan siklus II, jumlah subjek dengan skor B terdapat 6 atau 30 % dan 12 subjek atau 60 % dengan skor C. Jumlah subjek dengan skor K pada siklus II menurun menjadi hanya tinggal 2 sajaj atau 10 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Membilang, Meningkatkan, Metode Jungkat-Jungkit
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:13
Last Modified: 21 Feb 2017 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum