UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014

NUR HANDAYANI , NIM. 12485173 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)

Abstract

Nur Handayani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan Tahun 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Taman Kanak-Kanak/Raudlatul Athfal pada umumnya masih bersifat monoton. Begitu pula pada materi mengenal huruf hijaiyah, penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik biasanya hanya dilaksanakan dengan metode ceramah atau bercakap-cakap saja sehingga dalam menerima materi/pengetahuan, minat anak sangat kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan melalui media gambar. 2) Apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang diperoleh dalam penelitian pra tindakan dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa, dengan 5 indikator untuk menilai kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah, rata-rata nilai B diraih oleh 3 siswa (17,65 %), nilai C diraih 5 siswa (29,41 %) dan masih ada 9 siswa (52,94 %) dengan nilai K. Hasil tindakan yang dilaksanakan pada siklus I terjadi peningkatan, dengan 4 siswa (23,53 %) meraih B, 7 siswa (41,18 %) meraih C dan masih terdapat 6 siswa (35,29 %) dengan nilai K. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, subyek dengan nilai K dapat ditekan menjadi 3 siswa (17,65 %) sementara nilai C diraih oleh 8 siswa (47,06 %) dan nilai B diraih 6 siswa (35,29 %)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Gambar, Bustanul Athfal
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:17
Last Modified: 27 Feb 2017 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum