UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS V MI ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUR MUSTAQIMAH , NIM. 12485175 (2014) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS V MI ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS V MI ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS V MI ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)

Abstract

Nur Mustaqimah, “Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Learning Contract Kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika di Kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang. Hal tersebut lebih diperburuk dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan latihan soal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkannya metode pembelajaran yang mampu merangsang peningkatan aktifitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan salah satunya dengan menerapkan strategi learning contract. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan strategi learning contract kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang tahun pelajaran 2013/2014? 2) Apakah strategi Learning Contract dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas dengan 2 (dua) siklus tindakan, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 (empat) tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini dinilai dari pencapaian keaktifan siswa dengan membandingkan kondisi aktifitas pra tindakan dengan kondisi setelah pelaksanaan tindakan siklus I dan II dengan menerapkan strategi learning contract. Hasil yang diharapkan adalah minimal 75 % siswa telah aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk menguji keabsahan data tentang tingkat aktifitas pembelajaran siswa, dilaksanakan pula evaluasi untuk menguji prestasi siswa, dengan asumsi bahwa meningkatnya aktifitas siswa akan mendorong peningkatan prestasi siswa. Hasil penelitian dengan mengambil 15 subjek, pada pra tindakan terdapat 6 atau 40 % siswa saja yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sementara 9 siswa lainnya atau 60 % masih belum aktif. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan strategi learning contract, aktifitas siswa telah dapat ditingkatkan menjadi 9 siswa atau 60 % telah aktif dalam kegiatan pembelajaran, sisanya adalah 6 siswa atau 40 % masih belum aktif. Berpedoman pada hasil tindakan siklus I, maka tindakan dilanjutkan pada siklus II. Dengan tindakan siklus II, aktifitas siswa pada kegiatan pembelajaran telah dapat ditingkatkan lagi menjadi 13 siswa atau 86,7 % telah aktif, sementara jumlah siswa yang masih belum aktif dapat diturunkan menjadi 2 atau 13,3 % saja. Dengan hasil akhir tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi learning contract efektif diterapkan dan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas V di MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Matematika, Peningkatan, Strategi learning Contract
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:19
Last Modified: 27 Feb 2017 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum