PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BAGI SISWA KELAS IV DI MI YAKTI PURWOSARI KEC. TEGALREJO KAB. MAGELANG

RAHMA TRI HANDAYANI , NIM. 13485307 (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BAGI SISWA KELAS IV DI MI YAKTI PURWOSARI KEC. TEGALREJO KAB. MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BAGI SISWA KELAS IV DI MI YAKTI PURWOSARI KEC. TEGALREJO KAB. MAGELANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BAGI SISWA KELAS IV DI MI YAKTI PURWOSARI KEC. TEGALREJO KAB. MAGELANG )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (478kB)

Abstract

Rahma Tri Handayani, Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match bagi Siswa Kelas IV di MI YaKTI Purwosari Kec. Tegalrejo Kab. Magelang. Penelitian dilaksanakan di MI YAKTI Purwosari Tegalrejo Magelang pada tanggal 21 April 2014 sampai 17 Mei 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas IV di MI YAKTI Purwosari Tegalrejo Magelang Materi yang digunakan dalam peningkatan motivasi belajar PKn melalui strategi pembelajaran Index Card Match pada penelitian ini adalah materi lembaga-lembaga pemerintahan pusat pada pelaksanaan siklus 1 dan materi anggota dan wewenang lembaga-lembaga pemerintahan pusat pada pelaksanaan siklus 2. Fariabel yang diamati adalah penggunaan metode dan hasil belajar PKn pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi Index Card Match. Rancangan penelitian yang digunakan adalah prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang di capai. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penggunaan strategi Index Card Match mampu meningkatkan Motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini ditandai dengan peningkatan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran meliputi keaktifan, motivasi, perhatian, dan kerjasama dalam setiap siklusnya. Peningkatan presentase pada motivasi siswa yaitu siswa yang sangat termotivasi pada siklus I sebesar 33.3% menjadi 80% pada siklus II, siswa yang cukup termotivasi pada siklus I sebesar 53.3% menjadi 20% pada siklus II, dan siswa yang kurang termotivasi pada siklus I sebesar 13.3% pada siklus II sudah tidak ada siswa yang kurang termotivasi. Adapun rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I 65.7 menjadi 75.7 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Siti Fathonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran PKn, Strategi Index Card Match.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 02:23
Last Modified: 28 Feb 2017 07:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item