UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

SA’DULOH , NIM. 12485186 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (677kB)

Abstract

SA’DULOH, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan magelang tahun ajaran 2013/2014. Jurusan Ilmu Pendidikan dan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan magelang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru masih menggunakan cara tradisional dalam menyampaikan materi. Selama ini yang dilakukan dalam proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah dan monoton pada mata pelajaran Akidah Akhlak sehingga dirasa kurang efektif untuk dilakukan. Hal ini berakibat pada rendahnya nilai Akidah Akhlak, belum mencapai KKM. Dari kenyataan tersebut perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat memacu keaktifan dan antusias siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas IV MI Al Huda Pasuruhan yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskreptif kualitatif, yaitu menggambarakan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitianya meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (3) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak melalui model Kooperatif tipe Group Investigation telah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase pra tindakan sebesar 63%, siklus I sebesar 77,3% dan siklus II sebesar 100%. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes keadaan pra tindakan 68.40, siklus I sebesar 70.56 dan siklus II sebesar 79.65. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Hj. Sri Sumarni, M,Pd
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 02:51
Last Modified: 01 Mar 2017 03:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item