PENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARANBILANGAN 6-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA SISWA KELOMPOK ADI RA MASYITOH WAUNGBUNGSING GUWOSARI PAJANGAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUTANTININGSIH , NIM. 12415328 (2014) PENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARANBILANGAN 6-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA SISWA KELOMPOK ADI RA MASYITOH WAUNGBUNGSING GUWOSARI PAJANGAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARANBILANGAN 6-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA SISWA KELOMPOK ADI RA MASYITOH WAUNGBUNGSING GUWOSARI PAJANGAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARANBILANGAN 6-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA SISWA KELOMPOK ADI RA MASYITOH WAUNGBUNGSING GUWOSARI PAJANGAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Bilangan 6-10 Melalui Kegiatan Bermain Pada Siswa Kelompok A di RA Masyitoh Waung Bungsing Guwosari Pajangan Bantul Pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam memahami angka 6-10 yang mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, padahal keterlibatan aktif siswa dalam pembelajara akan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang akan meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode bermain dalam pembelajaran pemahaman angka 6-10 dan meningkatkan keaktifan siswa kelompok A setelah metode tersebut di terapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Masyitoh Waung Bungsing Guwosari Pajangan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi untuk melengkapi data yang diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkan data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) obsevasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode bermain dalam meningkatkan pemahaman angka 6-10 di kelompok A RA Masyitoh Waung Bungsing Guwosari Pajangan Bantul dilaksanakan dalam dua siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan reflesi setiap siklusnya terjadi perubahan prilaku siswa secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. 2) Peningkatan keaktifan siswa dalam meningkatkan pemahaman angka 6-10 dengan metode bermain cukup siknifikan. Peningkatan keaktifan siswa terlihat pada perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kemauan menjawab pertanyaan dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan siswadilihat dari hasil observasi pratindakan sebesar 35,42%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 51,25%, dan secara siknifikan pada siklus II naik menjadi 86,25%. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 50,83%. Peningkatan keaktifan tersebut secara bertahap dari kategori kurang dan akhirnya menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowa, M. Pd.I,
Uncontrolled Keywords: keaktifan, bermain, pembelajaran, bilangan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 01:42
Last Modified: 01 Mar 2017 03:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item