UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG TUAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI KARANG GUNUNGKIDUL

SURIPTO , NIM. 13485244 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG TUAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI KARANG GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG TUAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI KARANG GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG TUAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI KARANG GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (495kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Tuas Menggunakan Metode Demonstrasi di MI YAPPI Karang Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Metode demonstrasi ini akan melatih peserta didik berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Para peserta didik melatih keberanian berbicara, bertanya, berkomunikasi maupun mampu menemukan pengetahuan sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka dapat dikemukakan rumusan masalah yang diajukan adalah: (1) Bagaimana proses metode Demonstrasi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Tuas siswa kelas V di MI YAPPI Karang, Saptosari, Gunungkidul? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Demonstrasi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Tuas siswa kelas V di MI YAPPI Karang, Saptosari, Gunungkidul? (3) Bagaimana hasil pelaksanaan metode Demontrasi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Tuas siswa kelas V di MI YAPPI Karang, Saptosari, Gunungkidul? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang masing-masing siklus terdiri darai tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari hasil soal yang diberikan setiap akhir siklus, aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar diambil dari observasi, dokumentasi wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan prestasi belajar siswa, (2) adanya peningkatan hasil belajar IPA melebihi KKM 60 mencapai 83% dari jumlah siswa kelas V MI YAPPI karang. Dari hasil penelitian menunjukan hasil belajar pada anak di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Karang Saptosari di anggap tuntas 83 % anak didik dengan ketercapian nilai sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaran yaitu di atas nilai KKM yang ditentukan. Dengan demikian hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi tentang tuas mengalami peningkatan. Metode pembelajaran demonstrasi sangat membantu meningkat prestasi belajar dan sangat perlu di aplikasikan dalam pembelajaran yang lain, hal ini terbukti adanya peningkatan prestasi belajar anak di mata palajaran IPA setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, anak menunjukkan peningkatan hasil belajarnya, terbukti anak menjadi lebih memahami tentang tuas dan mencari media lain yang berkaitan degan tuas. Memperhatikan hal-hal diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang tuas kelas V dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di MI YAPPI Karang, Saptosari, Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, MSI
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, IPA, MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 01:56
Last Modified: 01 Mar 2017 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item View Item