PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TAFKHIRUL AKHLAQ , NIM. 12485221 (2014) PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ULUMUDDIN NGARGOSOKO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (796kB)

Abstract

Penerapan Strategi Crossword Puzzle untuk Peningkatan Motivasi dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaaan Islam Kelas IV MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik Magelang bahwa dalam proses pembelajaran yang berlangsung guru menyampaikan materi yang cukup bagus akan tetapi pembelajaran berlangsung kurang baik siswa tidak fokus dan guru merasa lelah jika harus mendikte siswa. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung guru juga meminta siswa menanggapi atau sekedar komentar mengenai materi yang diajarkan tetapi siswa banyak yang diam dan acuh terhadap permintaan guru. Dengan keadaan seperti itu siswa tidak memahami sepenuhnya tentang materi yang disampaikan guru, maka tidak heran jika siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran, dan juga membuat siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas IV setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ulumuddin Ngargosoko Kaliangkrik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapaun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan keaktifan siswa mengalami peningkatan yang cukup baik. Keseluruhan tindakan dapat dijadikan indikasi bahwa upaya pengembangan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Pada aspek motivasi siswa mengalami peningkatan siklus I adalah sebesar 82,27% sedangkan pada siklus II adalah sebesar 84,67%, dan terjadi peningkatan sebesar 2,4%. Sedangkan untuk aspek kekatifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 60,84% dan siklus II adalah sebesar 73,84% dan terjadi peningkatan sebesar 13%. Dengan demikian pada aspek motivasi dan keaktifan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Key Word : Motivasi, Keaktifan, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Strategi Crossword Puzzle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Keaktifan, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Strategi Crossword Puzzle.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 02:16
Last Modified: 28 Feb 2017 06:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item