UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DAN SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DENGAN METODE PETA KONSEP BERGAMBAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GARONGAN, PANJATAN, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUPRAPMI , NIM. 13485234 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DAN SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DENGAN METODE PETA KONSEP BERGAMBAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GARONGAN, PANJATAN, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DAN SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DENGAN METODE PETA KONSEP BERGAMBAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GARONGAN, PANJATAN, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DAN SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DENGAN METODE PETA KONSEP BERGAMBAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GARONGAN, PANJATAN, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (279kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Lembaga- Lembaga Negara dan Susunan Pemerintahan Tingkat Pusat dengan Metode Peta Konsep Bergambar di Kelas IV MI Ma’arif Garongan Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran PKn, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran tentang penerapan metode peta konsep bergambar dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Di MI Ma’arif Garongan dalam proses pembelajaran melibatkan siswa, dan guru masih menjadi pusat pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi siswa dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat dan mencoba, salah satuanya adalah metode pembelajaran peta konsep bergambar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan metode peta konsep pada pembelajaran PKn materi lembaga-lembaga negara dan susunan pemerintahan tingkat pusat siswa kelas IV MI Ma’arif Garongan Panjatan Kulon Progo, (2) bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Garongan Panjatan Kulon Progo pada pelajaran PKn materi lembagalembaga negara dan susunan pemerintahan tingkat pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal pre-tes dan post test pada setiap siklus, hasil wawancara dengan siswa untuk memberikan masukan tentang jalannya proses penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar PKn siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM 70 yang mencapai 100% dari jumlah siswa kelas IV MI Ma’arif Garongan. Hasil pengamatan dengan Metode Peta Konsep Bergambar dengan beberapa tahapan yaitu pemberian pre-tes I, pembelajaran dengan metode peta konsep bergambar, post tes I, refleksi, pre tes II, pembelajaran dengan metode peta konsep bergambar, post tes II, refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkkan angka peningkatan nilai 11,1%, pada siklus II menunjukkan peningkatan 44,5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Keadaan MI Ma’arif Garongan, metode peta konsep bergambar, meningkatnya prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 02:43
Last Modified: 01 Mar 2017 02:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item