UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP PEMBUATAN MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS V MIM CETAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

FAHRUDIN, NIM. 13485291 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP PEMBUATAN MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS V MIM CETAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP PEMBUATAN MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS V MIM CETAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (990kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP PEMBUATAN MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS V MIM CETAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (733kB)

Abstract

Fahrudin, “Upaya Meningkatakan Prestasi Belajar Siswa Pada Konsep Pembuatan Magnet Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas V MIM Cetan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini bahwa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada konsep pembuatan magnet masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Adapun kesulitan-kesulitan yang dialami siswa yaitu sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru jika hanya mengunakakan ceramah sehingga berdampak pada prestasi yang diporoleh siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki serta memperoleh metode yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Adapun solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demontrasi dalam menigkatakan prestasi belajar siswa pada konsep pembuatan magnet. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini, menggunakan data statistik sederhana yaitu : (1) membandingkan hasil nilai pra siklus dan hasil nilai siklus I (2) membandingkan nilai siklus I dengan hasil nilai siklus II. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan yang signifikan terhadap prrstasi belajar IPA pada konsep pembuatan magnet, dimana sebelum tindakan terdapat 9 siswa yang telah mencapai KKM dan 20 siswa yang belum mencapai KKM, pada Siklus I meningkat menjadi 16 siswa telah mencapai KKM dan 13 siswa belum mencapai KKM. Kemudian diakhir siklus II terjadi peningkatan yang sangat pesat dimana dari 16 siswa yang telah mencapai KKM menjadi 29 siswa yang mencapai KKM atau semua siswa telah mencapai KKM dengan demikian tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya dan hasil tersebut mebuktikan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan prrstasi belajar IPA pada konsep pembuatan magnet siswa kelas V MI Muhammadiyah Cetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPA Konsep Pembuatan Magnet, Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Oct 2014 02:36
Last Modified: 01 Feb 2017 07:49
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item View Item