UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMAHAMI HURUF MELALUI BERMAIN KARTU HURUF DI KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FATHONAH, NIM. 12485138 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMAHAMI HURUF MELALUI BERMAIN KARTU HURUF DI KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMAHAMI HURUF MELALUI BERMAIN KARTU HURUF DI KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMAHAMI HURUF MELALUI BERMAIN KARTU HURUF DI KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

FATHONAH, Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memahami Huruf Melalui Bermain Kartu Huruf Di Kelompok A Ra Muslimat Nu Rejosari I Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN sunan Kalijaga, 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan tentang model bermain kartu huruf dalam upaya meningkatkan keterampilan memahami huruf dengan kartu huruf di kelompok A Raudlotul Athfal Muslimat NU Rejosari I Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) peningkatan Pemahaman siswa di Kelompok A Raudhotul Athfal Muslimat NU Rejosari I Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 20013/20014 terhadap huruf setelah menggunakan metode kartu huruf. Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tinadakan, obsevasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : pemahaman siswa yang diambil dari hasil evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian pada akhir tes dengan pemberian soal pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hsil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : Adanya peningkatan prestasi pada aspek pemahaman siswa yaitu meningkatnya pemahaman huruf siswa dari 43,78% menjadi 67,38% dan pada siklus kedua menjadi 83,38% dari jumlah siswa kelas A1 RA M NU Rejosari 1, serta terdapat effect size sebesar 39,60%. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model bermain kartu huruf dilaksanakan dengan enam tahapan yaitu: pembagian kelompok, mengajukan permasalahan, guru menyebutkan huruf, pemberian kesimpulan, dan penilaian. Hasil penelitian pada siklus satu dan siklus dua menunjukakan peningkatan. Peningkatan pemahaman tersebut terjadi pada siklus pertama dan siklus kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kemampuan pemahaman anak, kartu huruf.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Oct 2014 02:38
Last Modified: 01 Feb 2017 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item