UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II MI MUHAMMADIYAH SRIWEDARI MUNTILAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

MONAH , NIM. 12485165 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II MI MUHAMMADIYAH SRIWEDARI MUNTILAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II MI MUHAMMADIYAH SRIWEDARI MUNTILAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II MI MUHAMMADIYAH SRIWEDARI MUNTILAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Jigsaw Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II MI Muhammadiyah Sriwedari Muntilan Magelang Tahun Pelajaran 2013/1014”, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas II MI Muhammadiyah Sriwedari Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang membuat guru kelas II MI Muhammadiyah Sriwedari termotivasi untuk mengadakan sebuah penelitian. Sesuai hasil observasi awal dilalakukan di kelas II MI Muhammadiyah Sriwedari Muntilan Magelang diketahui bahwa rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan oleh strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran tersebut hanya akan membuat siswa pasif dan tidak aktif untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi Jigsaw Learning. Dengan menggunakan strategi tersbut diharapkan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar selanjutnya, sehingga hasil belajar siswa meningkat dengan dengan ditandai kenaikan nilai siswa. Jenis Penelitian ini, merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil datadi MI Muhammadiyah Sriwedari Muntilan Magelang pada kelas II. Dilaksanakan pada bulan Pebruari sampai bulan April 2014, subyek penelitian yang menerima tindakan adalah siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa. Metode pngumpulan data yangdigunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Tehnik analisis data pada penelitian dilakukan dengan membandingkan rata-rata hasil belajar dengan indikator keberhasilan. Setelah menggunakan strategi Jigsaw Learning hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas II meningkat, sesuai dengan nilai ketuntasan minimal yaitu 70 terbukti dengan meningkatnya jumlah rata-rata siswa yaitu pada pratindakan 62,5, pada siklus I meningkat menjadi 73,25, pada siklus II meningkat menjadi 90,5, kemudian pada siklus III menjadi 90,75 dan persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 40% (8 siswa tuntas belajarnya dari 20 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 70% (14 siswa tuntas belajarnya dari 20 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 100% (20 siswa tuntas belajarnya),begitu juga dengan siklus III yang tuntas dari jumlah 20 siswa sudah tuntas semua yaitu 20 siswa (100%). Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Jigsaw Learning dapat meningkatka hasil belajar IPA kelas II MI Muhammadiyah Sriwedari Muntilan Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sumedi. M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Learning, Hasil belajar IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 03:02
Last Modified: 21 Feb 2017 03:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item