UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III DI MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN 2013/2014

IHWAN KAHARUDIN , NIM. 12485145 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III DI MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III DI MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III DI MI AL-HUDA PASURUHAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

IHWAN KAHARUDIN. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Fikih Materi Pokok Shalat Jum’at Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III di MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang Tahun 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai fikih kelas III MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang masih rendah, belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 67. Masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM atau kurang dari 67. Dari pengamatan peneliti ketika pembelajaran fikih berlangsung, sebagian peserta didik kelas III MI AL-Huda Pasuruhan ada yang memandang sebelah mata terhadap materi shalat, siswa menganggap shalat bukanlah sesuatu yang baru, kurang menarik, menjenuhkan siswa, bahkan siswa cenderung berbicara dan bermain sendiri, adapun salah satu faktor penyebabnya adalah guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran ketika menyampaikan materi shalat jum'at pada mata pelajaran fikih. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan lebih banyak ceramah dan memberi contoh, sehingga siswa tidak diberi banyak kesempatan untuk berlatih. Untuk mengatasi masalah tersebut maka proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi, karena dengan metode demonstrasi siswa mempraktekkan secara langsung sehingga siswa akan mudah mengingat apa yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar fikih dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas III MI Al-Huda Pasuruhan dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar fikih dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian dilakukan di MI Al-Huda Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III sejumlah 36 siswa. Pokok bahasan yang diambil adalah materi shalat Jumat. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah : observasi, wawancara, tes praktek dan dokumentasi.Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dan masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil rata-rata evaluasi pra siklus sebesar 57,36, pada siklus I sebesar 62 dan pada siklus II sebesar 75,73 atau meningkat sebesar 18,37 poin. Sedangkan ketuntasan belajar perorangan pada siklus I = 22,22% dan siklus II = 100%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar fikih meningkat setelah pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Belajar Fikih, Metode Demonstrasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Oct 2014 03:16
Last Modified: 16 Feb 2017 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item