UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI MIM TEMPURSARI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

INDAH NURROHMAH , NIM. 13485290 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI MIM TEMPURSARI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI MIM TEMPURSARI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI MIM TEMPURSARI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Indah Nurrohmah, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajah Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas V Semester Genap Di MIM Tempursari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penggunaan metode mengajar yang tepat, merupakan suatu alternatif mengatasi masalah rendahnya daya serap siswa terhadap pelajaran, guna meningkatkan mutu pengajaran. Penerapan suatu metode pengajaran harus ditinjau dari segi keefektifan, keefesienan dan kecocokannya dengan karakteristik materi pelajaran serta keadaan siswa yang meliputi kemampuan, kecepatan belajar, minat, waktu yang dimiliki dan keadaan sosial ekonomi siswa sebagai obyek. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendiskripsikan hasil belajar IPS sebelum diterapkan model pembelajaran Picture And Picture. 2) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran IPS, 3) Untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang melawan penjajah sesudah diterapkan model pembelajaran Picture And Picture dan 4) Untuk menganalisis perbandingan hasil belajar IPS siswa dengan model pembelajaran Picture And Picture.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis triangulasi Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa hasil belajar sebelum menerapkan metode Picture And Picture teridentifikasi bahwa sebagian besar siswa tidak mampu mencapai KKM yaitu sebanyak 7 siswa atau sebesar 47%. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan metode Picture And Picture pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Tempursari, Ngawen, Klaten dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan melalui empet tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran IPS dengan metode Picture And Picture dapat mengaktifkan siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Prestasi belajar siswa setelah dilakukan siklus I terdapat sebanyak 27% yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) >65 dan pada siklus II terdapat 93 % yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) >65. Nilai hasil belajar setelah diadakan tindakan penelitian mengalami peningkatan yang semula hanya 47% siswa mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan siklus I meningkat 26% menjadi 73% yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) >65 dan pada siklus II siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) >65 meningkat 20% menjadi 93 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Picture And Picture
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2014 10:20
Last Modified: 16 Feb 2017 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum