UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A RA GENIUS KIDS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUNARSIH , NIM. 12415330 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A RA GENIUS KIDS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A RA GENIUS KIDS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A RA GENIUS KIDS BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Pemahaman Mengenal Angka 1-10 Dengan Metode Bermain Peran pada kelompok A RA Genius Kids Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam Mengenalkan Angka 1-10 Pada Usia TK, Siswa harus dilibatkan secara mental,fisik, dan sosial untuk mencapai pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan dalam tingkat pencapaian perkembangan yang ada dalam kurikulum Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif siswa. Di RA Genius Kids dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang paham dalam mengenal angka 1-10. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah metode bermain peran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan Metode Bermain Peran untuk meningkatkan Pemahaman mengenal angka 1-10 pada kelompok A RA Genius Kids Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.(2) Bagaimana peningkatan pemahaman mengenal angka 1-10 melalui metode bermain peran pada kelompok A RA Genius Kids Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014? (1) Adanya peningkatan partisipasai siswa (2) adanya peningkatan pemahaman siswa dalam mengenal angka 1-10 yang mencapai 94,4% dari jumlah siswa kelompok A RA Genius Kids Bantul Yogyakarta. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode bermain peran dilakasanaka dengan tiga tahapan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup Hasil penelitian pada siklus I dengan kegiatan bermain peran dengan tema makanan dan minuman,kegiatan main membuka restoran.Siklus 1 menunjukkan persentase 66,6% dengan kategori sedang dan pada siklus II dengan kegiatan peran dengan tema lingkungan,kegiatan main berbelanja di supermarket dengan persentase sebesar 94,4% dengan kategori tinggi. Peningkatan pemahaman siswa meningkat sekitar 27,8%. Dengan demikian pada aspek kemampuan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dari sedang dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowo,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Bermain Peran, RA Genius Kids Bantul
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2014 08:21
Last Modified: 01 Mar 2017 02:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item