UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN

SULIS MUNJIYATI , NIM. 13485282 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (766kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran al-Qur`an Hadis Dengan Metode Demonstrasi Dalam Memudahkan Pemahaman Siswa di Kelas V MI Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran al-Qur`an Hadis, sesungguhnya siswa memiliki potensi yang harus dibantu dalam menggali dan mengembangkan potensinya oleh guru. Selama ini siswa cenderung hanya sebagai pendengar, mencatat pelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga pembelajaran selalu bersifat monoton, membosankan dan kurang dapat menggali kreativitas siswa. Kenyataannya guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Alasannya, metode ini dipandang efektif untuk menyampaikan informasi dan pengertian tentang materi pembelajaran. Hal ini menjadikan pembelajaran kurang menarik dan membosankan, karena siswa pasif, dan hanya guru yang aktif. Metode ceramah juga kurang cocok untuk mengembangkan keterampilan dan sikap, yang sebenarnya bisa mematikan potensi anak didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis di kelas V MI Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman, (2) Apakah dengan metode demonstrasi dapat memudahkan pemahaman siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis di kelas V MI Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode elaboratif dan partisipatif sebagai perlakuan dari penelitian PTK. Dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas: tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: keaktifan siswa yang diambil dari pengamatan, prestasi belajar siswa yang diambil dari soal tes pada akhir tiap siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa, (2) adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis yaitu meningkatnya nilai siswa dalam kategori baik yang mencapai 41,18% dan kategori amat baik mencapai 35,29 dari jumlah siswa di kelas V MI Nurul Huda Pokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat dipilih sebagai pelengkap metode ceramah agar siswa tidak merasa bosan, proses pembelajaran tidak monoton, mereka ikut berpartisipasi langsung sehingga mudah memahaminya.. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas sebesar 6,88 sedangkan hasil belajar pada siklus II menunjukkan rata-rata kelas sebesar 8,09.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi, Pelajaran al-Qur`an Hadis.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Oct 2014 01:03
Last Modified: 01 Mar 2017 02:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item