UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PACEKELAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SULASTRI , NIM. 12415316 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PACEKELAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PACEKELAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PACEKELAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (764kB)

Abstract

Kegiatan utama dalam proses pendidikan di lingkungan sekolah adalah kegiatan belajar-mengajar. Tujuan utama dari kegiatan belajar-mengajar ini adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang dimiliki siswa dengan proses “transfer ilmu” dari guru kepada siswa. Dalam kegiatan ini terdapat interaksi yang intens antara guru dan siswa. Selama ini kegiatan belajar mengajar masih bersifat searah yaitu guru aktif menyampaikan materi sedangkan siswa pasif dalam menerima materi pelajaran yang diajarkan guru. Seiring dengan perkembangan metode pembelajaran, untuk masa sekarang siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar sedangkan guru lebih berfungsi sebagai fasilitator yang menuntun dan mengarahkan siswa dalam belajar. Dengan demikian kegiatan belajar siswa maupun hasil belajar diharapkan semakin meningkat. Salah satu cara meningkatkan intensitas dan hasil belajar siswa adalah dengan cara guru memberikan tugas pada siswa baik tugas di sekolah maupun tugas yang dapat dikerjakan di rumah. Siswa berusaha untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan aktif mencari referensi secara mandiri baik dengan membaca referensi tertulis seperti kitab-kitab, buku, artikel dan referensi tertulis lainnya. Siswa juga dapat memperoleh referensi lisan baik dari guru, orang tua, saudara dan orang lain yang tahu tentang tugas pelajaran tersebut. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mata pelajaran ini. Pendidikan Agama Islam tidak cukup hanya dipelajari secara teori saja namun juga butuh pengamalan pelajaran tersebut dalam kehidupan siswa sehari-hari. Untuk menjaga agar siswa tetap aktif dan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka guru Pendidikan Agama Islam memeberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa baik tugas di sekolah maupun tugas di rumah. Tugas-tugas ini berupa tugas teoritis maupun tugas aplikatif (pengamalan). Dalam skripsi ini penyusun akan membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 2 Pacekelan Purworejo. Adapun objek penelitian adalah siswa kelas V yang diajar oleh penyusun untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam skripsi ini penulis menjelaskan bagaimana tehnik penyusun memberikan tugas pada siswa. Selain itu penyusun mengkomparasikan hasil belajar siswa pra pemberian tugas dengan hasil belajar siswa pasca pemberian tugas. Hasil belajar ini diukur dengan nilai yang diperoleh siswa sehingga dapat diperbandingkan secara rasional hasil belajar tersebut. Pemberian tugas ini diharapkan tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa dalam bentuk nilai angka namun intensitas belajar siswa dan pengamalan siswa terhadap apa yang telah diajarkan guru juga meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, AGAMA ISLAM, TEKNIK PEMBERIAN TUGAS,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Oct 2014 01:51
Last Modified: 01 Mar 2017 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item