UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF PADA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 TAHUN AJARAN 2013/2014

SUMIYAH, NO. 12485217 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF PADA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF PADA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF PADA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (310kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Pada Anak Melalui Tebak Kata Pada Kelompok B di RA Muslimat NU Ngluwar 2, Skripsi, Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan pengenalan huruf pada anak masih kurang di RA Muslimat NU Ngluwar 2, yang diindikasikan dengan tidak terpenuhinya kompetensi-kompetensi kemampuan pengenalan huruf pada anak yang telah ditetapkan dalam kurikulum serta kesulitan untuk mengungkapkan ide dan pikiran oleh sebagian besar siswa. Maka dari itu, perlu diadakannya penelitian untuk meningkatkan kemampuan pengenalan pada anak dengan penerapan metode yang sesuai dengan dunia anak yaitu bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bermain tebak kata untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Muslimat NU Ngluwar 2, Gedog, Ngluwar, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan metode permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak di RA Muslimat NU Ngluwar 2. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan kompetensi kemampuan pengenalan huruf yang dicapai masing-masing anak pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tebak Kata, Pengenalan Huruf
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Oct 2014 02:51
Last Modified: 01 Mar 2017 02:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item