UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

ISNAINI BADARUDDIN , NIM. 13485258 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isnaini Badaruddin, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Geometri Bangun Ruang Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Matematika siswa kelas V MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul Yogyakarta dikarenakan selama mengikuti proses kegiatan belajar mengajar untuk mata pelajaran Matematika siswa masih pasif, merasa bosan, sehingga asyik dengan hal lain selain pelajaran matematika. Kondisi ini berpengaruh terhadap prestasi matematika, yaitu baru 65% yang mendapat nilai di atas KKM (KKM Mata Pelajaran Matematika 60). Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek kelas V MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Fokus penelitian adalah Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Geometri Bangun Ruang Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan melalui beberapa tahapan yaitu; (a) Reduksi data yaitu proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan pengabstrakan dan transformasi data „kasar‟ yang muncul dari catatan-catatan tertulis di lapangan, (b) Penyajian data yaitu sekumpulan informasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan dan (c) Penarikan data yaitu menarik kesimpulan melalui verifikasi data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pendekatan matemetika realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang matematika. (2) Pada saat pembelajaran guru lebih kreatif, sehingga membuat siswa lebih semangat, antusias dan merasa senang. Hal ini tampak pada skor nilai menyelesaikan soal bangun ruang yang terus meningkat. Pada pre-test siswa yang tuntas 29 %, sedangkan skor akhir tindakan Siklus I adalah 57 %. Pada Siklus II 100 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum (pre-test) tindakan hingga sesudah tindakan (post-test) mengalami peningkatan sebesar 43 % (3) Penerapan pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar geometri bangun ruang sesuai dengan tahap-tahap penyelesaiannya pada siswa kelas V MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran matematika Realistik, Prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Oct 2014 13:27
Last Modified: 16 Feb 2017 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum