UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI MI AL ISLAM JAMUSKAUMAN NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KAMINAH, NIM. 12485151 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI MI AL ISLAM JAMUSKAUMAN NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI MI AL ISLAM JAMUSKAUMAN NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI MI AL ISLAM JAMUSKAUMAN NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (269kB)

Abstract

Kaminah Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkat kanprestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas V MI Al Islam Jamuskauman Ngluwar Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014 . Program studi PGMI, Jurusan Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014. Keberhasilan satu pembelajaran ditentukan oleh banyak factor diantaranya adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dalam hal ini guru harus betul – betul selektif dalam memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Sedangkan dalam penelitian ini mempunyai tujuan diantaranya untuk mengetahui prestasi siswa dengan menggunakan metode bermain peran (simulasi). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin dimana siklus yang ke siklus berikutnya. Tiap siklus meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan) dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilakukan mulai bulan 4 Maret sampai dengan 1 Apri 2014, bertempat di MI Al Islam Jamuskauman Ngluwar, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V di MI AL Islam Jamuskauman, Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil tes dapat diperoleh adanya peningkatan prestasi belajar matapelajaran Bahasa Indonesia yang ditunjukan dengan hasil evaluasi tiap siklus yang dimulai dari prasiklus, dimana hasil nilai dari 16 siswa 6 siswa yang tuntas atau 37,5% sedangkan 10 siswa tidak tuntas atau 62,5% rata-rata prasiklus sebesar 66,2 kemudian setelah adanya penerapan metode bermain dari 16 siswa yang tuntas 9 siswa atau 56,25% dan 7 siswa atau 43% tidak tuntas rata-rata kelas menjadi 69,68 dan pada siklus kedua semua siswa tuntas atau 100% dengan ratarata 73.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Sri Sumarni,MPd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Oct 2014 06:30
Last Modified: 17 Feb 2017 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14109

Actions (login required)

View Item View Item