IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI MA’ARIF TUHFATUL MUBTADIIN 2 KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

KHUSNI ALBANA, NIM. 13485308 (2014) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI MA’ARIF TUHFATUL MUBTADIIN 2 KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI MA’ARIF TUHFATUL MUBTADIIN 2 KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI MA’ARIF TUHFATUL MUBTADIIN 2 KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

KHUSNI ALBANA. “Implementasi Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V MI Ma’arif Tuhfatul Mubtadiin 2 Kalinegoro Mertoyudan Magelang Tahun Pelajaran 2013 / 2014” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Dalam pembelajaran IPS tentang perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan, dalam mengikuti kegiatan pembelajaran siswa kurang bersemangat, bosan, bermain sendiri, dan banyak yang mengantuk. Selain itu siswa mendapat hasil belajar dengan rata-rata kelas yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 70. Maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajarannya bermasalah. Peneliti menelaah, mengobservasi untuk mencari jalan keluarnya.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Tuhfatul Mubtadiin 2 Dusun Maliyan Kelurahan Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan kabupaten Magelang. Bahan kajian yang diteliti adalah mata pelajaran IPS semester genap materi Perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dan dilaksanakan pada bulan Mei 2013. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 17 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, pelaksanaan PTK IPS kelas V semester genap ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Metode yang digunakan adalah Diskusi Kelompok. Penggunaan metode tersebut dikarenakan adanya kurang berhasilnya pembelajaran IPS pada kompetensi dasar Parjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.. Dengan latar belakang data Pretest motivasi siswa kategori rendah sebesar 65%, motivasi siswa kategori sedang 35% dan motivasi siswa kategori tinggi 0%. Kemudian setelah diupayakan perbaikan pembelajaran dimulai dari siklus I motivasi siswa sudah meningkat,untuk motivasi siswa kategori rendah hanya 41%,motivasi siswa kategori sedang 41% dan motivasi belajar kategori tinggi 18% dilanjutkan lagi siklus kedua motivasi belajarnya meningkat lagi ,untuk motivasi belajar siswa kategori rendah sudah tidak ada atau 0%, motivasi belajar siswa kategori sedang 59% dan motivasi belajar siswa kategori tinggi mencapai 41%. Skor pencapaian rata-rata siklus 1 yaitu 80 , sedangkan disiklus 2 skor ketercapaian meningkat menjadi 87, kenaikan rata-rata yaitu 7. Prosentasi ketercapaian naik dari 67% menjadi 73 %, Secara keseluruhan belum semua siswamemiliki motivasi belajar yang tinggi pada akhir pelaksanaan tindakan, namun pada umumnya motivasi belajar mereka sudah meningkatdan tidak ada lagi yang bermotivasi belajar rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Diskusi Kelompok, Motivasi Belajar, IPS.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Oct 2014 06:33
Last Modified: 24 Feb 2017 07:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item