UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KUN KHUSNUL MARATIN, NIM. 13485398 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DEAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (531kB)

Abstract

Kun Khusnul Maratin (13485398), Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Materi Mengenal Pemerintahan Tingkat Pusat Melalui Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Siswa Kelas IVMI Muhammadiyah Pondok Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model group investigation Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Pondok Karangnanom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Pondok Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pondok Klaten dan obyek penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif model group investigation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data diskriptif kualitatif pada data kualitatif dan teknik analisis statistik diskriptif pada data kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif model group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah pondok pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa pada tahap pra tindakan sebesar 40%, meningkat menjadi 70% pada siklus pertama dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus II. Hipotesis dari penelitian terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Belajar, Group Investigation, PKn
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Oct 2014 06:36
Last Modified: 17 Feb 2017 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item