UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH BEJI, TULUNG, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

KURNIANINGSIH , NIM. 13485292 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH BEJI, TULUNG, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH BEJI, TULUNG, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH BEJI, TULUNG, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)

Abstract

Kurnianingsih, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Kelompok Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Beji, Tulung, Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana prestasi belajar IPA siswa kelas II MI Muhammadiyah Beji, Tulung, Klaten sebelum diterapkan pembelajaran kelompok dengan media gambar. 2) bagaimana penerapan pembelajaran kelompok dengan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Beji, Tulung, Klaten. 3) bagaimana prestasi belajar IPA siswa kelas II MI Muhammadiyah Beji, Tulung, Klaten sesudah diterapkan pembelajaran kelompok dengan media gambar. 4) bagaimana perbandingan prestasi belajar IPA siswa kelas II MI Muhammadiyah Beji, Tulung, Klaten antara sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran kelompok dengan mdia gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kelas II MI Muhammadiyah Beji Tulung Klaten yang berjumlah 16 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sebelum menerapkan pembelajaran kelompok dengan media gambar teridentifikasi bahwa sebagian besar siswa kurang antusias dalam pembelajaran, baik dalam memahami materi/penjelasan guru, maupun berlatih soal-soal sehingga siswa tidak mampu menjawab soal. Hal ini terbukti, dimana hasil ulangan harian, banyak siswa yang tidak mampu mencapai KKM ≥75 yaitu sebanyak 11 orang atau sebesar 69%, dengan nilai rata-rata 63,13. Pembelajaran IPA dengan pembelajaran kelompok dapat mengaktifkan siswa dengan bekerja sama dalam kelompok-kelompoknya sehingga suasana kelas menjadi lebih kondusif dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator yaitu menciptakan suasana belajar yang kondusif, dengan belajar secara aktif. Prestasi belajar siswa setelah dilakukan siklus I terdapat sebanyak 44% yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75 dan pada siklus II terdapat 99 % yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75. Sedangkan nilai rata-rata setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 73,60 dan setelah tindakan siklus II mencapai 80,31.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : IPA, Prestasi Belajar, dan Pembelajaran Kelompok.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Oct 2014 13:38
Last Modified: 20 Feb 2017 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum