UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEDIA LAGU DAN MUSIK RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 1 TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MARTINJUNG , NIM. 12485161 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEDIA LAGU DAN MUSIK RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 1 TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEDIA LAGU DAN MUSIK RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 1 TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEDIA LAGU DAN MUSIK RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 1 TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Martinjung, Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Sejarah Nabi Muhammad Saw dengan Media Lagu dan Musik pada Siswa Kelompok A RA Muslimat NU Tanggulrejo 1 Tempuran Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011. Latar belakang masalah penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa pembelajaran sejarah Nabi Muhammad SAW dengan metode cerita kurang menarik sehingga yang terjadi pada siswa Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Tanggulrejo 1 Tempuran Magelang, banyak yang mengidolakan tokoh-tokoh film kartun, tokoh-tokoh sinetron, lagu-lagu yang disaksikan pada televisi swasta. Raudlatul Athfal (RA) sebagai Lembaga Pendidikan Islam mengemban fungsi melejitkan potensi kecerdasan anak, penanaman nilai-nilai dasar, dan pengembangan kemampuan dasar. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah agar siswa dapat memproses informasi dengan lebih mudah dan cepat dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Untuk memerankan fungsi tersebut guru menggunakan media lagu dan musik sebagai salah satu komponen bagi keberhasilan kegiatan belajar-mengajar. Lagu dan musik dapat menciptakan suasana rileks, tetapi waspada, membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan, dan kemampuan berpikir. Belajar dengan musik akan sangat membantu anak dalam meningkatkan daya ingat ataupun fungsi otak. Penulis sepakat akan menyajikan pembelajaran dengan media lagu dan musik, karena pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan, sehingga siswa akan mudah melakukan proses pemahaman pengetahuan yang terdapat dalam syair lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media lagu dan musik dapat membantu meningkatkan kemampuan mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada siswa kelompok A RA Muslimat NU Tanggulrejo 1 Tempuran Magelang. Penggunaan media lagu dan musik , dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman materi ajar. Dengan lagu, anak akan selalu belajar dan mengulang-ulang lagu tersebut, sehingga kemampuan mengenal anak meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Mengenal, Sejarah Nabi Muhammad SAW, Media Lagu dan Musik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Oct 2014 06:48
Last Modified: 21 Feb 2017 03:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item