UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS I MIN JURANGJERO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

SUKIRAH, NIM. 13485248 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS I MIN JURANGJERO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS I MIN JURANGJERO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS I MIN JURANGJERO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (166kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Cacah Dengan Menggunakan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas I MIN Jurangjero, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini aalah siswa belum bisa diajak berfikir secara abstrak dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah, sehingga diperlukan sebuah media untuk mengkonkritkan materi tersebut. Kondisi ini berpengaruh pada prestasi siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan pola pikir siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I MIN Jurangjero Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek kelas I MIN Jurangjero Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Fokus penelitian adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Cacah Dengan Menggunakan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas I MIN Jurangjero, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah data kualitatif yang dianalisa dengan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan : (1)tahap-tahap implementasi penggunaan biji-bijian dapat dilaksanakan sesuai dengan teori yang digunakan. (2)pada saat pembelajaran guru lebih kreatif, sehingga siswa lebih semangat dan merasa senang. Hal ini tampak pada nilai rata-rata kelas yang terus meningkat. Pada pretest nilai rata-rata kelas 56,88, sedang nilai rata-rata kelas pada akhir tindakan siklus I adalah 63,75, rata-rata kelas pada akhir tindakan siklus II adalah 69,38, sedangkan rata-rata kelas pada post-test adalah73,13. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan (pre-test) hingga sesudah tindakan (posttest) mengalami peningkatan (3)`persentase ketercapaian KKM oleh siswa adalah 56,25% pada pre-test, pada siklus I 75%, pada siklus II 87,5% dan pada post-test 93,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI
Uncontrolled Keywords: Penjumlahan bilangan cacah, Media benda konkrit
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Oct 2014 07:25
Last Modified: 01 Mar 2017 02:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item