PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BLIGO II NGLUWAR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013-2014

MARYATUN , NIM. 12485163 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BLIGO II NGLUWAR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BLIGO II NGLUWAR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013-2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI MA’ARIF BLIGO II NGLUWAR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013-2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Maryatun, ‘’Penerapan Strategi Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan prestasi Belajar IPA siswa kelas III Semester I MI Ma’arif Bligo 2 Ngluwar Magelang‘’. Skripsi ,Yogyakarta : fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014 . Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran khususnya pelajaran IPA .Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode Eksperimen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ( 1) bagaimana penerapan strategi pembelajaran eksperimen pada pembelajaran IPA Kelas III di MI Ma’arif Bligo 2 ngluwar ,(2) bagaimana peningkatan motivasi belajar mata pelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif Bligo 2 ngluwar setelah diterapkannya metode eksperimen ,(3)bagaimana peningkatan prestasi siswa kelas III MI Ma’arif Bligo II Ngluwar dalam mata pelajaran IPA setelah diterapkannya metode eksperimen .Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan ,tindakan ,observasi dan refleksi Hasil penelitian menunjukan:pertama penerapan metode eksperimen mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.Kedua metode eksperimen mampu meningkatakan motivasi belajar terbukti sebelum menggunakan metode eksperimen rata-rata motivasi siswa (58,125%) kemudian setelah tindakan siklus I meningakat, rata-rata motivasi siswa (95,25%) pada tindakan siklus II rata-rata motivasi siswa (100%). Ketiga prestasi siswa juga meningkat terbukti nilai tes akhir pembelajaran 1dari 7 siswa yang mendapat nilai tuntas, pada siklus II 4dari 7 siswa yang mendapat nilai tuntas, kemudian siklus II semua siswa mendapat nilai tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA SD/MI, Eksperimen, Motivasi, Prestasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Oct 2014 08:11
Last Modified: 21 Feb 2017 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum