UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL JIHAD 3 KEBONREJO SALAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MIRZA FATHAYATI MARTU , NIM. 12485164 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL JIHAD 3 KEBONREJO SALAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL JIHAD 3 KEBONREJO SALAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL JIHAD 3 KEBONREJO SALAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)

Abstract

Mirza Fathayati Martu, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014.” Skripsi. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kebebasan berorganisasi melalui metode Mind Mapping yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo Salaman Magelang. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta lemahnya proses pembelajaran yang berlangsung. Selama ini pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang sering kali hanya diberi informasi saja. Hal ini disebabkan metode ceramah yang digunakan oleh guru belum tepat, sehingga pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipasi aktif dari siswa. Observasi ketika dilakukan post tes nilai rata-rata siswa hanya 60,00. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas V MI Al Jihad 3 Kebonrejo Salaman yang berjumlah 9 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Mind Mapping mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Pada pra tindakan rata-rata nilai 60,00 dengan presentase ketuntasan 22,22%. Pada siklus I telah meningkat, rata-rata kelas yang diperoleh 67,22 dengan presentase 55,55%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan seluruhnya presentase 100%, rata-rata yang diperoleh 79,44. Nilai rata-rata dari pra siklus, siklus I ke siklus II sebesar 68,89. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah terjadi peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Mind Mapping, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Oct 2014 08:15
Last Modified: 21 Feb 2017 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum