PENERAPAN METODE SYNERGETIC TEACHING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGGAH IMOGIRI BANTUL

NANIK NURYATI , NIM. 12415335 (2014) PENERAPAN METODE SYNERGETIC TEACHING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGGAH IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN METODE SYNERGETIC TEACHING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGGAH IMOGIRI BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN METODE SYNERGETIC TEACHING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGGAH IMOGIRI BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NANIK NURYATI. Penerapan metode Synergetic Teaching Guna Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada mata pelajaran Akhlak siswa Kelas III Di SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri Bantul. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran Akhlak pada kelas III di SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri Bantul ini masih kurang efektif serta penyampaian guru yang selalu ceramah, sehingga guru merasa lelah dan siswa juga enggan mendengarkan penjelasan guru, keaktifan siswa juga kurang terbangun dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Synergetic Teaching dalam pembelajaran Akhlak dan meningkatkan keaktifan belajar mengajar siswa kelas III setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi untuk melengkapi data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkan data. Sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik Trianggulasi sumber. Adapun kegiatan mencakup (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode Synergetic Teaching digunakan pada pembelajaran Akhlak khususnya siswa kelas III SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri Bantul. Hal tersebut terbukti adanya peningkatan keaktifan siswa terlihat senang, perhatian, ketertarikan, antusias, dan rasa ingin tahu bekerjasama dengan kelompok, mendengarkan pendapat oranglain, antusias dalam mengerjakan tugas, perhatian dan kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat sehingga hasil prestasinya ada peningkatan. Keberhasilan ini dapat dilihat berdasarkan perolehan jumlah skor yang meningkat dari siklus I dan pada siklus II dari rata – rata nilai pos test siklus I sebesar 74,76 dan nilai rata – rata post test siklus II 76 sedangkan prosentasi ketuntasan belajar pada siklus I 52% dan pada siklus II mencapai 85,7% dan hasil peningkatan keaktifan siswa 37% Dengan demikian berdasarkan penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keaktifan, Kentuntasan, dan Synergetic Teaching.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Oct 2014 08:19
Last Modified: 27 Feb 2017 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum