UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B.1 DI RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 2 TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2013/2014

NI’MATUSHOBAKH, NIM. 12485172 (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B.1 DI RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 2 TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B.1 DI RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 2 TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B.1 DI RA MUSLIMAT NU TANGGULREJO 2 TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (713kB)

Abstract

Ni’matushobakh, “Upaya Peningkatan Kemampuan Pengenalan Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Kelompok B.1 di RA Muslimat NU Tanggulrejo 2 Tempuran Kabupaten Magelang Tahun 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga , 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan dalam pengenalan kata di kelompok B.1 di RA Muslimat NU Tanggulrejo 2 Tempuran Kabupaten Magelang masih rendah. Dari 18 peserta didik baru 8 peserta didik yang mampu mengenal kata dengan baik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kemampuan pengenalan kata. Dengan menggunakan media kartu kata bergambar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengenalan kata. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kemampuan pengenalan kata pada kelompok B.1 di RA Muslimat NU Tanggulrejo 2 Tempuran Kabupaten Magelang, (2) bagaimana peningkatan kemampuan pengenalan kata dengan media kartu kata bergambar pada kelompok B.1 di RA Muslimat NU Tanggullrejo 2 Tempuran Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam pengenalan kata yang mencapai 90% dari jumlah peserta didik kelompok B.1 di RA Muslimat NU Tanggulrejo 2 Tempuran Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata pada kelompok B.1 RA Muslimat NU Tanggulrejo 2 Tempuran Kabupaten Magelang. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan kemampuan pengenalan kata peserta didik pada siklus I sebesar 38,9 % dan siklus II sebesar 83,3 %, sehingga pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengenalan kata, kartu kata bergambar, TK/RA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:22
Last Modified: 27 Feb 2017 04:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item