PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA DOKUMEN DI MI ISLAMIYAH GUNTING WONOSARI, KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUR SYAMSIYAH, NIM. 13485290 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA DOKUMEN DI MI ISLAMIYAH GUNTING WONOSARI, KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA DOKUMEN DI MI ISLAMIYAH GUNTING WONOSARI, KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA DOKUMEN DI MI ISLAMIYAH GUNTING WONOSARI, KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (460kB)

Abstract

Nur Syamsiyah, “Peningkatan prestasi belajar sisa kelas II dalam Pembelajaran IPS dengan Media Dokumen di MI Islamiyah Gunting Wonosari Klaten”. Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar Belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran IPS materi dokumen diri dan keluarga pada siswa kelas II di MI Islamiyah Gunting nilai yang dicapai masih rendah. Dengan Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM) 70, hanya 7,14 % dari 8 siswa yang nilainya mencapai KKM. Hal itu menunjukkan hasil pembelajaran belum optimal disebabkan siswa belum paham tentang dokumen keluarga, siswa masih senang bermain daripada memperhatikan penjelasan guru, metode masih monoton, keterbatasan media yang digunakan. Oleh karena itu, perlu ada upaya dari guru untuk memperbaiki pembelajaran sehingga dapat diperoleh hasil nilai siswa yang lebih baik. Dengan media dokumen diharapkan lebih mudah untuk mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran tentang dokumen diri dan keluarga siswa kelas II Mi Islamiyah Gunting Wonosari Klaten. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendiskripsikan dengan media dokumen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap tindakan terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan media dokumen. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas II MI Islamiyah Gunting Wonoari Klaten. Hal yang dicapai pada siklus I ketuntasan belajar siswa 42,50% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Kesimpulan yang dapat ditarik oleh peneliti adalah dengan media dokumen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Islamiyah Gunting Wonosari Klaten dalam dokumen dir dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Media Dokumen, IPS, Prestasi Belajar , MI Islamiyah Gunting.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:37
Last Modified: 27 Feb 2017 04:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item