UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

NURYATI , NIM. 13485299 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (411kB)

Abstract

Nuryati, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hasil belajar Matematika sebelum diterapkan metode Simulasi, untuk mengetahui penerapan Metode Simulasi yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika, untuk mengetahui hasil belajar Matematika sesudah diterapkan metode Simulasi. untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten antara sebelum dan sesudah diterapkan Metode Simulasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis triangulasi Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa Hasil belajar Matematika sebelum diterapkan metode Simulasi siswa masih rendah, dari siswa yang mengikuti tes awal hanya terdapat 2 siswa (20%) yang mendapat predikat tuntas dari KKM yang ditetapkan yaitu 65 dan 8 siswa dari 10 siswa (80%) masih mendapat nilai dibawah KKM. Penerapan metode Simulasi untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten dilaksanakan dalam dua siklus melalui empet tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran Matematika dengan metode simluasi dapat meningkatkan minat siswa dan mengaktifkan siswa dengan permainan sehingga suasana kelas menjadi lebih kondusif dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten sesudah diterapkan metode Simulasi yaitu ketuntasan belajar mencapai 60% pada siklus I atau sebanyak 6 siswa dan pada siklus II mencapai 100%. Perbandingan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten antara sebelum dan sesudah diterapkan metode Simulasi terlihat pada hasil belajar siswa pra siklus mencapai ketuntasan 20% dengan nilai rata-rata kelas 51,4. Hasil ini meningkat pada siklus I yang mencapai nilai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata kelas 62,8 dan meningkat pula pada siklus II dengan nilai ketuntasan mencapai 100% dan rata-rata kelas sebesar 73,1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Matematika, Hasil Belajar dan Metode Simulasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:39
Last Modified: 27 Feb 2017 04:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item