UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IB MI AL MA’ARIF KWARASAN JUWIRING, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROHANI BEKTI SAYEKTI , NIM. 13485300 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IB MI AL MA’ARIF KWARASAN JUWIRING, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IB MI AL MA’ARIF KWARASAN JUWIRING, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IB MI AL MA’ARIF KWARASAN JUWIRING, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (647kB)

Abstract

Rohani Bekti Sayekti, “Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Media Gambar Siswa Kelas IB MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring, Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara Republik Indonesia. Kedudukan Bahasa Indonesia sangat penting. Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu bagi bangsa Indonesia sesuai dengan kesepakatan yang tercetus pada Sumpah Pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan ketrampilan membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IB MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kualitas proses ketrampilan membaca nyaring pada siswa kelas I MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase minat, keaktifan, dan kesungguhan dalam proses pembelajaran. Pada siklus I persentase klasikal minat siswa sebesar 75%, keaktifan 69%, dan kesungguhan 75%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase klasikal minat siswa menjadi 81%, keaktifan 88%, dan kesungguhan 81%. Penggunakan media gambar dapat meningkatkan kualitas hasil kemampuan membaca nyaring pada siswa kelas I MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini ditandai dengan nilai ratarata keterampilan membaca siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 73,5 dan siklus II sebesar 79. Dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 9 siswa (56%) dari 16 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dan meningkat pada siklus II sebanyak 13 siswa (81,25%) dari 16 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Asrori Sa’ud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ketrampilan Membaca, Bahasa Indonesia dan Media gambar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:43
Last Modified: 28 Feb 2017 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item