PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN MAGELANG

SUGIYANTI , NIM. 12485215 (2014) PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (948kB)

Abstract

Penerapan Metode Bermain Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelompok B RA Muslimat NU Rejosari I Bandongan Magelang. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Dalam menyiapkan peserta didik memasuki SD, MI atau yang sederajat kaitannya dengan pramembaca yang harus dilakukan dengan hati-hati, tidak memaksa dan menyenangkan sehingga siswa mampu membaca kata sederhana. Pada RA Muslimat NU Rejosari I siswa sudah mampu membaca kata sederhana akan tetapi masih ada beberapa siswa yang belum mampu meskipun telah mengenal huruf. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa yaitu dengan menggunakan metode bermain yang menyenangkan bagi siswa dalam hal ini salah satunya dengan bermain kartu kata bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok B RA Muslimat NU Rejosari I Bandongan Magelang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar Kelompok B RA Muslimat NU Rejosari I Bandongan Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu mengungkap data dan dilaksanakan dalam dua siklus dan dalam setiap siklusnya terdapat tahapan-tahapan kegiatan yang meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelompok B RA Muslimat NU Rejosari I Bandongan Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain kartu kata bergambar yang dilaksanakan dalam dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok B RA Muslimat NU Rejosari I. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan pada tiap indikator penilaian. Kemampuan membaca pada pra siklus sebesar 46%, meningkat pada siklus I menjadi 65% dan meningkat lagi pada siklus II mencapai 90%, sehingga memiliki effect size sebesar 44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kartu kata bergambar, Metode bermain
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:53
Last Modified: 01 Mar 2017 01:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item